Cara Memperbaiki Tut Keyboard Piano yang Mati

Tut keyboard piano seperti piano KORG Pa50 sebagian besar diakibatkan karena 2 faktor, yang pertama karena debu dan kotoran yang masuk dan menempel di papan atau karet kenop keyboard tersebut. adapun rusak atau mati keyboard yang ke dua diakibatkan oleh kabel yang dari maiboard menuju papan keyboard, Oleh karena itu kita perlu cara mengetahui dari mana faktor matinya tut keyboard tersebut. Adapun gejala-gejala matinya tut yang disebabkan oleh 2 faktor tersebut diantaranya adalah:


Tut Keyboard

keyboard
google image-karet keyboard korg pa 50


1. Faktor Debu/Kotoran


Kotoran yang membuat matinya tut keyboard mati yang sering berasal dari latu rokok, karena kebanyakan pemencet piano adalah laki-laki jadi identik dengan merokok. Latu rokok yang jatuh ke tut piano secara reflek akan ditiup oleh orang tersebut, seringnya latu rokok yang jatuh ke keyboard lama-kelamaan akan bertumpuk dan menjadi beku dan itulah yang mengakibatkan menjadi penghalang antara karet keyboard dan papan pcb/mesin keyboard sehingga arus tidak dapat tersalurkan dan mengakibatkan tut mati tidak berfungsi, jadi jika anda menjatuhkan latu rokok ke tut keyboard hendaknya jangan ditup tetapi dengan cara memiringkan piano tersebut agar latu jatuh dengan sendirinya.

Tanda-tanda tut mati karena debu/kotoran/latu rokok biasanya tut mati satu dan bisa lebih tetapi tidak dalam satu oktaf/berderet-deret.

Cara Memperbaikinya:

  • Yang pertama-tama lepaskan tut keyboardnya dari pianonya
  • Siapkan air hangat-hangat kuku dan kain bersih
  • Celupkan kain tersebut peras lalau basuhkan ke papan keyboard tersebut
  • Untuk karet key boardnya cukup dicuci dengan air bersih dan boleh disikat dengan sikat gigi secara pelan-pelan
  • Jemur papan dan tut keyboard tersebut di terik matahar, jika tidak ada terik bisa dikipas dengan kipas angin hingga kering 100%
  • Pasang kembali lalu di tes.
  • Jika masih mati/belum berfungsi tut pada karet diberi grenjeng rokok/aluminium foil, direkatkan pada tut karetnya 

2. Faktor kabel/songket


Faktor matinya tut karena kabel atau songket pada piano biasanya diakibatkan karena tercabutnya kabel dan karena faktor jamur, kabel yang terlalu lama dan terkena lembab akan lekas kropos dan berjamur. Kabel yang terkena itu biasanya terletak di songket papan tut keyboard.

Tanda tut yang mati karena hal tersebut biasanya tut keyboard akan mati lebih dari satu dan dalam satu oktaf  berjejer-jejer, misalnya mati dikunci C,D#,D,E#,E dan selanjutnya.

Cara Memperbaikinya:

  • Buka dulu kesing pianonya dari baut
  • Lalu buka kabel dari songketnya lalu periksa apakah ada kabel yang terlepas/putus
  • Goyang-goyang kabel dari songketnya supaya kalau ada kabel yang akan putus biar terlihat.

Demikianlah tadi cara mengatasi dan memperbaiki tut keyboard yang mati atau tidak berfungsi serta penyebab-penyebab terjadinya tut keyboard mati semoga bisa bermanfaat bagi anda dan kita semua.

Terus ikuti kami untuk mengatasi dan memperbaiki SD BOARD yang gagal loud dan berbagai solusi pemecahan tentang kerusakan-kerusakan alat-alat elektronik dan cara-cara yang lainnya di www.inilahcaranyak.blogspot.com

Sebelum saya tutup apabila terjadi kesalahan dan kesamaan didalam penulisan artikel ini saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada anda. Sekian dari saya terimakasih dan sampai berjumpa kembali.

Share :

Facebook Twitter Google+
2 Komentar untuk "Cara Memperbaiki Tut Keyboard Piano yang Mati"

Terimakasih sangat bermanfaat 👍👍

Maksudnya songket itu apa yha?

Back To Top