Cara Memperbaiki SD Board Keyboard Korg Pa 50sd yang Gagal Loading

Keyboard atau dalam bahasa sehari-harinya adalah piano merupakan alat musik yang sangat umum dimana-mana dan sekarang menjadi hiburan di setiap acara hajatan, ulang tahun, dan lain-lain. Pada umumnya piano yang digunakan untuk pentas terutama orgen tunggal yaitu piano yang bermerek korg, yamaha, roland, technick, casio, dan masih banyak lagi tergantung tempat, kota, dan selera masing-masing. Didalam pementasan sangatlah penting untuk memperhatikan ragam musik dan keindahan musik, oleh karena itu bagi para rannger atau pemain orgen berlomba lomba mencari programan musik yang menarik dan trend di jamannya. Untuk pementasan dalam sehari biasanya pemain orgen akan menampilkan beberapa musik yang menarik dengan memutar atau meloading programan musik ke piano, oleh sebab itu sangatlah penting peran alat yang berfungsi untuk memanggil atau meloading program musik tersebut demi kenyamanan dan kepuasan si penyanyi dan yang mendengarkannya. Kalau dipostingan yang terdahulu saya membahas cara memperbaiki not keyboard yang mati untuk kali ini saya akan membahas sd board yang gagal loading.

Alat memanggil atau meloading programan untuk piano jenis Korg 50sd disebut sd board. Nah alat ini sering menjadi kendala bagi yang mempunyai piano tersebut, karena alat yang satu ini sangatlah aktif berperan didalam pemutaran musik yang mengakibatkan sangat renta didalam kerusakan.


Penyebab Sd Board Gagal Loading


Penyebab kerusakan sd board adalah gagal loading yang mengakibatkan program didalam piano akan kosong dan hanya menyimpan program musik bawaan pabrik saja. Penyebab kerusakan atau gagal loading tersebut kebanyakan disebabkan oleh 5 faktor, dan fator faktor tersebut disebabkan karena:


1. Jamur/Kotoran


kaki ic sd board
google image-kaki ic sd board




Sd board yang gagal loading biasanya karena kotor dan berjamur dibagian kaki-kai IC yang diakibatkan karena lembab atau debu latu rokok yang menempel terus menerus yang mengakibatkan plek karat pada kaki ic tersebut.

Cara memperbaikinya:

  • Siapkan sikat gigi bekas
  • Tiner literan (awas jangan tiner yang keras seperti merek cobra)
  • Lepaskan sd board dari piano
  • Celupkan kedalam wadah yang berisi tiner
  • Bersihkan dengan menyikat pelan-pelan pada kaki-kaki IC nya sampai bersih
  • Kalau yakin sudah bersih jemur sd board tersebut diterik matahari hingga 100% kering
  • Pasang kembali dan di tes


2. Adapter/Adaptor

adapter memory
google image-adapter memori

Adapter/adptor adalah alat penyimpan file atau yang sering kita sebut dengan kartu memori. Kartu memori yang rusak atu berjamur tidak akan sukses untuk diloading jadi perlu banyak kartu memori/adapter agar tau mana yang rusak dan mana yang bisa.

Untuk kartu memori yang rusak untuk solusinya adalah dengan mengamplas bagian kuningannya yang biasanya terdapat 8 kotak.


3. Slongsong/rumah atau tempat adapter


slongsong sd board pa50
google image-slongsong sd board pa50

Untuk slongsongya kerusakan biasanya terjadi di kaki-kaki slongsong berjumlah 8 yang tidak menempel pada adapter yang dipasang.

Untuk memperbaikinya cukup dengan menekan kaki-kaki slongsong dengan jarum atau alat lainnya hingga semua menempel pada adapter yang dipasangnya.


4. Kabel

kabel sd board pa50
google image-kabel sd board pa50

Kabel disini yang dimaksud adalah kabel penghubung antara sd board dengan main board. Kabel tersebut berbentuk lempen kira-kira lebar 3 jari dan panjang sekitar 40cm.

Kerusakan pada kabel tersebut biasanya karena kabel terlepas dibagian songket dan bisa juga putus, oleh karena itu perlu diteliti dengan tester.


5. IC Sd Board

IC sd board pa50
google image-IC sd board pa50

Jika ke 4 cara diatas sudah dilakukan dan sd board belum berfungsi gagal loading kerusakan menuju ke IC ini, karena IC ini berperan penting dalam piano tersebut yang mengakibatkan panas sehingga bisa kemungkinan IC mati.

Untuk memperbaikinya anda perlu melepaskan IC tersebut dengan solder uap/blower ketukan service dan mengetes mengukurnya dengan tester apakah IC tersebut mati atau belum. Jika mati anda harus mengganti dengan IC yang baru yang kalau tidak salah harganya 400-500 rb.


Itulah beberapa cara untuk mengatasi dan memperbaiki serta mengecek sd board korg pa50sd yang rusak atau gagal loading semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi pemilik keyboard tersebut. terus ikuti kami di www.inilahcaranyak.blogspot.com untuk berbagai cara-cara memperbaiki, mengatasi, membuat, melakukan, dan cara-cara lainnya yang berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. Saya tutup blok ini terimakasih dan sampai berjumpa lagi.

Share :

Facebook Twitter Google+
3 Komentar untuk "Cara Memperbaiki SD Board Keyboard Korg Pa 50sd yang Gagal Loading"

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

ice crystal snow peak titanium spork
ice crystal snow peak titanium spork. Our ice babyliss pro titanium hair dryer crystal snow mountain slopes and spades titanium scooter bars can titanium engine block be found at our used ford escape titanium shops how strong is titanium at

Back To Top